Cara Daftar Gojek Driver Online

Posted on

Cara daftar driver Gojek online | Siapa yang tak kenal dengan Gojek, startup yang kini sedang naik daun karena menghadirkan layanan ojek online yang cepat dan mudah melalui aplikasi. Tentu akan menguntungkan jika Anda turut menjadi bagian dari mitra gojek sebagai driver. Cara daftar driver Gojek pun tergolong mudah dan fleksibel.

Pekerjaannya pun fleksibel. Kita bebas menentukan jam kerja dan pendapatan sesuai keinginan dan kemampuan. Cocok untuk Anda yang memiliki motor, namun belum mendapatkan pekerjaan atau bagi Anda yang menginginkan pekerjaan yang fleksibel. Anda juga dapat menjadikannya sebagai pekerjaan tambahan.

Dahulu Anda dapat mendaftar Gojek melalui beberapa alternatif, seperti website resmi Gojek, melalui sms, melalui email, datang langsung ke kantor Gojek atau bahkan mendaftar melalui teman yang telah bergabung menjadi mitra Gojek.

Namun, sekarang mendaftar Gojek dipusatkan hanya dapat melalui website resmi Gojek. Jadi, jangan mendaftar via sms atau email lagi ya. Langkah-langkahnya gampang banget, yuk ikutin tiap tahapannya.

  1. Siapkan Semua Berkasnya

Berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar Gojek sangat mudah. Bahkan, kita tak perlu melampirkan ijazah. Berkas yang dibutuhkan meliputi:

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • SIM (Surat Ijin Mengemudi)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Berkas-berkas tersebut kemudian Anda scan atau foto, yang penting hasilnya jernih dan terbaca agar mudah saat verifikasi data Gojek online.

  1. Buka Website Gojek

Siapkan laptop, komputer atau handphone Anda. Pastikan koneksi internet lancar. Lalu bukalah website resmi Gojek di laman https://daftar.go-ride.co.id.

  1. Isi Formulir Pendaftaran Online

Setelah masuk laman resmi Gojek, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Lengkapi kolom-kolom yang ada pada formulir tersebut. Isinya antara lain, Nama depan dan nama belakang, alamat email, nomor handphone Anda yang aktif untuk digunakan mengirimkan SMS verifikasi dan kemudian pilihan kota.

Baca Juga: Cara Daftar Gojek Online

Pastikan pilih kota yang sesuai domisili agar memudahkan Anda untuk datang ke kantor Gojek. Sebelum klik daftar, telitilah terlebih dahulu. Pastikan telah terisi semua dan datanya sesuai, terutama nomor handphone. Lalu klik “ Saya setuju dengan syarat dan ketentuan”. Kemudian klik “daftar”. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman Gojek selanjutnya.

Cara daftar driver Gojek 
Cara daftar driver Gojek
  1. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah mengisi formulir. Cek handphone Anda. Anda akan menerima kode verifikasi yang berjumlah 4 digit. Masukkan kode tersebut ke halaman pendaftaran. Lalu klik tombol “kirim”. Jika tak kunjung mendapatkan kode verifikasi,kemungkinan nomor yang Anda masukkan salah. Solusinya adalah dengan mengulang mengisi formulir pendaftaran pada laman sebelumnya.

  1. Isi Data Pribadi berupa Alamat Rumah dan Nomor Handphone

Langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi berupa nama depan, nama belakang, alamat email, nomor handphone utama, nomor handphone darurat, nomor handphone lainnya, alamat tinggal secara lengkap, pilihan kota, pekerjaan sebelumnya.Nomor handphone lainnya bisa Anda kosongkan. Selain itu harus diisi, termasuk nomor handphone utama dan nomor handphone darurat. Setelah terisi semua, kemudian klik tombol “Lanjutkan”.

  1. Mengunggah Dokumen

Berikutnya adalah mengunggah dokumen yang dibutuhkan satu per satu. Pastikan dokumen yang diunggah tidak buram dan terbaca. Format yang diterima adalah .jpg, .jpeg, .gif atau .png.. File yang diuplad tidak lebih dari 10MB.

  • Upload foto SKCK, posisinya harus menghadap depan. Kemudian klik “simpan”.
  • Upload foto KTP, posisi menghadap depan. Setelah mengupload KTP, Anda akan diminta mengisi untuk mengisi kolom data diri berupa nomor KTP, tanggal lahir dan tanggal masa berlaku KTP. Lalu klik “simpan”.
  • Upload foto SIM, setelah itu isi nomor SIM dan masa berlaku dan klik “simpan”.
  • Upload foto STNK, unggah hanya bagian depannya saja. Kemudian masukkan nomor polis kendaraan dan tahun kendaraan. Klik “simpan”. Anda akan dibawa ke halaman sebelumnya untuk mengklik “kirim”.
Cara daftar driver Gojek 
Cara daftar driver Gojek
  1. Konfirmasi Data

Teliti semua data yang Anda unggah. Jika sudah benar, klik tombol “ya” untuk mengirimkannya ke sistem pendaftaran. Namun, jika Anda merasa ada yang salah, klik “tidak” agar Anda dikembalikan ke halaman sebelumnya.

  1. Tunggu Konfirmasi Persetujuan

Sistem akan memproses data yang Anda kirim. Pastikan handphone Anda selalu aktif. Konfirmasi pendaftaran akan dikirim melalui SMS. Apabila data telah terverifikasi Anda akan menerima SMS untuk datang langsung ke kantor operasional Gojek guna menyelesaikan proses pendaftaran.

Biasanya proses ini memakan waktu sedikit lama. Anda harus bersabar menunggu konfirmasi SMS dari pihak Gojek.

Namun apabila data yang Anda kirim ternyata tidak sesuai, sistem Gojek akan mengirimkan SMS pemberitahuan bahwa dokumen yang Anda isi belum selesai atau terjadi kesalahan pada pengajuan dokumen. SMS tersebut juga telah dilengkapi link guna melengkapi data yang salah.

Anda tinggal mengklik link tersebut. Selanjutnya, Anda harus login ulang dengan memasukkan nomor handphone yang telah didaftarkan. Lalu Anda akan menerima kode verifikasi 4 digit. Masukkan di kolom kode verifikasi dan klik “kirim”.

Langkah terakhir adalah mere-upload foto dokumen yang bertanda seru. Kemungkinan ini terjadi karena foto yang Anda upload buram atau kurang jelas. Setelah memastikan dokumen yang Anda re-upload benar, kemudian klik “kirim” untuk mengirimkan data ke sistem pendaftaran Gojek. Konfirmasi data yang telah Anda isi. Apabila telah benar, klik “Ya”.

  1. Dokumen yang Harus Dibawa ke Kantor Gojek

Dokumen yang dibawa sebagai kelengkapan pendaftaran, meliputi:

  • KTP asli
  • SKCK asli
  • SIM asli
  • STNK asli

Bawa juga fotocopy dari masing-masing berkas untuk berjaga-jaga apabila diminta.

  1. Pergi ke Kantor Gojek

Berpakaianlah yang rapi sebagai komitmen untuk sungguh-sungguh menjadi driver Gojek. Pertama-tama Anda bisa menuju resepsionis untuk meminta informasi dan arahan guna melanjutkan proses pendaftaran online yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

  1. Apakah Harus Membawa Biaya Pendaftaran?

Sebenarnya pendaftarannya sendiri gratis. Tetapi, jaket dan helm yang harus dikenakan sebagai atribut Gojek memang harus membayar.

Namun, jangan khawatir, proses pembayarannya tidak cash. Melainkan akan dipotong dari deposit setelah Anda mulai bekerja sebagai driver Gojek. Biaya lainnya adalah tiap driver Gojek harus membuat akun virtual di Bank CIMB Niaga dengan deposit awal minimal sebesar 100 ribu rupiah.

  1. Unduh Aplikasi Go-Ride

Langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi Go-Ride melalui Google Play Store. Pastikan Smartphone Anda memiliki RAM minimal 1 GB. Setelah itu Anda resmi menjadi driver Gojek dan siap menerima orderan.

  1. Jangan Lupa Mengikuti Test Safety Riding (RDL)

Gojek bekerja sama dengan Rivat Drive Lab (DRL) untuk memberi pelatihan berkendara yang baik dan benar pada semua driver Gojek. Semua calon mitra wajib mengikuti test safety riding. Pihak Gojek akan mengirimkan SMS undangan untuk mengikuti tes ini di https://www.tukangulasan.com

Materinya meliputi materi teori dan praktek. Anda tak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk tes ini. Semua proses pelatihan tersebut diberikan gratis.

Bagaimana, mudah kan cara pendaftaran driver Gojek secara online tersebut? Tinggal siapkan foto dokumen yang dibutuhkan dan pastikan foto yang akan Anda upload terlihat jelas, agar lancar saat proses pendaftaran dan tidak terjadi penolakan verifikasi data. Yuk buruan ambil handphone dan daftar agar segera diproses dan Anda segera dapat orderan.