cara masuk Toshiba Satellite C40-A
cara masuk Toshiba Satellite C40-A

Cara Masuk Bios Toshiba Satellite C40-A dan Setting Terbaiknya

Posted on

Apakah Anda punya laptop Toshiba satellite C40-A? beruntunglah, karena laptop itu merupakan salah satu yang terbaik apalagi dari segi daya tahan dan harga. Ditambah pula Cara Masuk Bios Toshiba Satellite C40-A terbilang mudah, termasuk melakukan pengaturan Bios yang juga mudah bahkan untuk para pemula.Ada yang bilang, laptop ini memang mudah diatur asalkan Anda bisa masuk sempurna pada tampilan Bios. Mau tahu bagaimana caranya?

Cara Masuk Bios Toshiba Satellite C40-A Paling Mudah

Ketika Anda sudah bisa masuk ke tampilan Bios, banyak masalah yang selama ini tak bisa diatasi akan mudah dicarikan solusinya. Tinggal memanfaatkan berbagai menu yang tersedia, dengan cara yang tepat. Berikut ini, langkah pertama yang perlu dipraktekkan yaitu masuk ke dalam menu Bios.

  • Pastikan terlebih dahulu, laptop Anda tersebut dalam kondisi mati dan baterai full atau cukup untuk melakukan konfigurasi pada Bios.
  • Hal selanjutnya adalah menekan tombol F2 cukup lama, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol power yang ada di bagian kanan atas keyboard. Biarkan beberapa saat tanpa melepaskan salah satu tombol.

    Baca Juga: 2 Cara Masuk Bios Lenovo G40 Windows 8

  • Tampilan Bios akan segera muncul dengan beberapa pilihan menu, diantaranya pada menu Main terdapat system time, system bate, CPU type, CPU speed, HDD/SSD, ODD, Total Memory size, system BIOS version, EC Version, kemudian ada juga
  • Masing-masing menu bisa diatur ulang jika memang dibutuhkan, seperti tanggal. Hingga penggunaan bahasa yang akan memudahkan Anda menggunakan laptop tersebut.
  • Jika Anda sudah selesai melakukan pengaturan, Anda tinggal keluar dari menu Bios dengan memilih menu Exit. Maka proses booting akan lanjut hingga tampilan halaman desktop laptop tersebut.
cara masuk Toshiba Satellite C40-A
cara masuk Toshiba Satellite C40-A

Mau Install Ulang di Bios? Begini Caranya

Salah satu fungsi Bios adalah, menjadi media untuk melakukan instal ulang laptop Anda. Ketika cara lain tidak berhasil, bisa menggunakan cara berikut ini.

  • Ketika Anda sudah berada di halaman Bios, pilih menu tab security, lalu Anda bisa lanjutkan dengan memilih secure boot.
  • Pastikan menu secure boot berada pada posisi disable. Jika belum, tinggal pakai tombol enter hingga Anda berada pada tulisan disable dan tekan enter sekali lagi untuk memastikan pengaturan disable sudah digunakan.
  • Lanjutkan dengan memilih menu advance, kemudian lanjutkan dengan system configuration.
  • Jika sudah masuk pada menu tersebut, pilih boot mode dan pastikan pengaturannya pada posisi CSM boot.
  • Setelah itu, pilih menu boot dan tekan tombol F10 untuk memastikan CD dan DVD internal pada posisi teratas.
  • Anda sudah bisa melakukan instal ulang dengan menggunakan menu instal ulang yang tersedia pada menu utama laptop ini.
  • Biasanya proses instal ulang tidak butuh waktu lama, tergantung pada kondisi perangkat lunak yang ada pada laptop. Jika semuanya dalam kondisi normal maka sekitar 30 menit proses sudah selesai.

Tapi, jika terjadi masalah pada beberapa perangkat, akan butuh waktu lebih lama jadi Anda harus bisa bersabar hingga proses instal ulang selesai.

Pentingnya Bios di Laptop Toshiba Satellite C40-A

Bagi pengguna yang tidak paham masalah dapur pacu dan sistem operasi laptop, mungkin Bios tidak akan pernah digunakan. Bahkan ketika terjadi kerusakan laptop, maka teknisilah yang akan memperbaikinya. Tapi, sebenarnya jika tahu betapa pentingnya Bios maka Anda akan punya laptop yang performanya lebih maksimal walaupun sudah jadul. Banyak pengaturan yang bisa dilakukan dengan mengandalkan Bios, salah satunya ketika Anda ingin upgrade Windows dari seri lama ke seri baru yang masih didukung oleh laptop Anda.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Install Windows 10

Sama halnya ketika Anda ingin mengatur ulang media penyimpanan pada laptop, cukup andalkan menu-menu di Bios untuk melakukannya. Tak perlu pergi ke teknisi khusus. Sebab sejatinya teknisi juga akan melakukan hal yang sama, yaitu memaksimalkan menu Bios agar pengaturan ulang bisa dilakukan. Selain itu, Bios juga penting untuk melihat apakah semua perangkat lunak di dalam laptop sudah terhubung dengan baik. Caranya tinggal mengecek pada menu Bios apakah semua berada pada posisi enable atau tidak.

Jadi, jangan remehkan keberadaan Bios pada laptop Toshiba Satellite C40-A. Mulailah untuk mencoba menggunakan menu ini dengan cara masuk Toshiba Satellite C40-A yang sudah ulasan1st.com dijelaskan di atas. Semakin paham Anda tentang semua menunya, maka laptop akan lebih awet dan tidak akan bermasalah.