Cara Mengatasi Game Force Close PC
Cara Mengatasi Game Force Close PC

Cara Mengatasi Game Force Close PC

Posted on

Bermain game online maupun offline melalui PC, memang lebih puas. Layarnya besar dan jari leluasa menggunakan tombol. Tapi, apa jadinya jika game tiba-tiba berhenti sendiri padahal sedang asik bermain? Tenang! Banyak cara mengatasi game force close PC yang bisa digunakan, sehingga kenyamanan bermain tidak terganggu dalam waktu lama. Banyak yang menyebabkan sebuah aplikasi termasuk game, berhenti atau hang saat sedang dibuka pada PC. Terkadang, pengguna PC tidak aware bahwa yang menyebabkan hal itu terjadi ternyata adalah kesalahan dalam menggunakan PC itu sendiri.

Penyebab Game Force Close PC

Beberapa penyebab berikut ini, sering teridentifikasi sebagai masalah utama ketika game yang sedang dimainkan pada PC tiba-tiba close sendiri. Mulai dari serangan virus sampai software game yang ukurannya terlalu besar.

  1. Serangan Virus

Saat melakukan instalasi aplikasi atau software virus bisa saja masuk melalui jaringan yang digunakan. Sehingga, menyebabkan serangan yang menyerang sistem operasi pada PC Anda.Dampaknya adalah, PC tidak bisa bekerja secara normal seperti biasa dan rentan mengalami error. Apalagi jika PC tidak didukung dengan antivirus yang memadai, tentu virus akan dengan mudah masuk melalui berbagai cara. Jika itu terjadi, salah satu dampaknya adalah saat membuka aplikasi berakibat aplikasi tidak berjalan dengan baik.

  1. Pengaturan Bios

Ketika Anda melakukan setting pada BIOS secara manual, ada kemungkinan terjadi error yang menyebabkan sistem tidak berfungsi dengan baik. Ujung-ujungnya, ketika Anda sedang membuka aplikasi game favorit malah jadi error dan hank. Kondisi ini tentu membuat kesal, apalagi ketika permainan sedang seru bukan?

Baca Juga: cara masuk bios laptop toshiba satellite c40-a

  1. Ukuran Aplikasi Terlalu Besar

Memori penyimpanan yang hampir penuh bisa menyebabkan hang saat membuka aplikasi. Parahnya lagi, kalau penyebab penuhnya memori adalah ukuran aplikasi game yang sudah diinstal sangat besar. Bukan saja sering force close, tapi akan mengganggu kinerja aplikasi lain yang juga sedang Anda buka. Kondisi paling tidak disukai adalah, saat PC tiba-tiba mati sendiri akibat aplikasi-aplikasi yang besar tersebut.

Cara Mengatasi Game Force Close PC
Cara Mengatasi Game Force Close PC

Bagaimana Cara Mengatasi Game Force Close PC?

Biar masalah force close saat main game tersebut bisa diatasi, tingga maksimalkan cara-cara berikut. Bisa dilakukan sendiri kok! Tanpa harus melibatkan teknisi.

  1. Pakai Antivirus

Force close memang belum sampai membuat PC hang untuk selamanya. Biasanya, jika Anda buka kembali aplikasi game tersebut akan bisa berjalan lagi.Jika tidak mau ambil resiko PC rusak permanen, salah satu cara yang bisa dilakukan pertama adalah segera install antivirus berkualitas yang bisa mengidentifikasi virus dengan lebih maksimal. Jadi, kemungkinan hang akibat virus akan lebih kecil. Saat ini banyak antivirus bagus yang bisa diunduh gratis maupun berbayar. Anda bisa pilih salah satunya sebagai perisai pada PC, selain mengaktifkan antivirus bawaan dari PC.

  1. Restart PC

Cara berikutnya yang juga masih sangat mudah dilakukan adalah, restart PC yang digunakan. Tinggal buka menu shut down atau sign out pada PC, lalu pilih opsi restart. Tunggu sampai proses restart berhasil dan PC Anda menyala seperti biasa.

Untuk hang yang disebabkan sistem kategori ringan, mungkin cara ini bisa berhasil. Tapi, guna menghindari masalah serupa terjadi lagi maka Anda bisa mengecek driver dan komponen sistem melalui troubleshooting atau CMD.

Baca Juga: game android rpg offline 3d

  1. Hapus Temporary File

Temporary file merupakan file yang tersimpan otomatis ketika mengunduh aplikasi atau software. Sebenarnya manfaat dari file ini cukup banyak, salah satunya untuk mempercepat kinerja aplikasi. Tapi, kalau sudah terlalu banyak akan membuat memori penyimpanan pada PC cepat penuh.

Untuk melakukannya, Anda tinggal buka menu search pada PC kemudian ketik temporary file. Jika sudah masuk ke folder temporary files, tinggal Anda block semua file yang tersedia dan klik kanan. Lalu pilih opsi delete.

Jangan lupa untuk melakukan cara ini secara berkala, apalagi untuk yang sering menggunakan koneksi internet dan browsing. Hal ini, merupakan penyumbang temporary file paling besar yang akan membuat memori penyimpanan semakin menipis.

Apakah Anda terbantu dengan informasi tentang cara mengatasi game force close PC diatas? Jangan lupa untuk mencobanya, supaya waktu main game Anda tidak terganggu lagi oleh masalah error dan hang berkepanjangan.