Simak Petunjuk dan Cara Daftar BPJS Online Berikut Ini

Posted on

bpjs merupakan program pemerintah yang dimaksudkan untuk kesejahteraan rakyat, di mana program ini dapat membantu masyarakat mendapat pelayanan berobat gratis maupun menerima uang pensiun bagi yang bekerja di instansi atau perusahaan resmi. Ada dua jenis BPJS yang perlu diketahui masyarakat, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.Untuk mendaftar sebagai pengguna BPJS juga bisa dilakukan dengan berbagai macam, bisa datang ke kantor cabang secara langsung, atau lewat online. Berikut ini adalah cara daftar BPJS online yang dapat Anda coba praktekkan.

Cara Mendaftar BPJS secara Online untuk Karyawan veris ulasan1st.com

Apabila Anda merupakan karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan, biasanya akan diwajibkan untuk memiliki BPJS. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan pendaftarannya karena akan diurus oleh HRD perusahaan tersebut. Namun, apabila Anda kebetulan berposisi sebagai HRD, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, perusahaan Anda harus sudah terdaftar di Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jika memang belum terdaftar, silakan daftarkan terlebih dulu. Jangan lupa membaca syarat maupun ketentuan yang ditulis.
  2. Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengunjungi website resmi BPJS. Sebelum benar-benar mendaftar, baca syarat dan ketentuan dengan benar. Setelah itu lakukan pendaftaran untuk BPJS Kesehatan Badan Usaha.
  3. Ketika mulai mengisi formulir pendaftaran, pada awalnya Anda akan disuruh memilih wilayah sesuai perizinan usaha. Wilayah tersebut disesuaikan dengan wilayah-wilayah kantor cabang BPJS.
  4. Kemudian, isi formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap. Jangan lupa mencantumkan alamat e-mail supaya Anda mendapat link aktivasi untuk tahap selanjutnya.
  5. Apabila data sudah terinput dengan benar, Anda akan segera mendapatkan e-mail untuk melakukan aktivasi. Pihak BPJS akan memberikan link, yang melalui link tersebut Anda bisa mendapatkan beberapa dokumen. Antara lain adalah lampiran cetak formulir registrasi badan usaha, kode badan usaha yang sudah didaftarkan, nomer rekening yang bisa digunakan membayar iuran JKN-KIS, dan hak akses yang terdiri dari username dan password yang dapat digunakan untuk mendaftarkan karyawan melalui aplikasi.
  6. Apabila perusahaan Anda tersebut sebelumnya sudah terdaftar, Anda tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang perusahaan. Anda bisa langsung mengunjungi website edabu BPJS Ketenagakerjaan, lalu menambahkan karyawan yang ingin didaftarkan menjadi anggota BPJS.
  7. Ketika sudah menjadi anggota, Anda bisa masuk ke akun BPJS menggunakan nama akun dan password yang sudah disiapkan. Kemudian, pilih ‘Data Peserta’ dan kemudian pilih ‘Tambah Peserta’.
  8. Menambah daftar karyawan baru memerlukan beberapa data, antara lain adalah NIK dari karyawan tersebut. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah memiliki data karyawan sebelum mendaftarkannya ke BPJS. Jika sudah memiliki data tersebut, segera inputkan dengan benar.
  9. Kemudian, klik ‘fasilitas kesehatan’ dan isi data sesuai kota, provinsi, dan klinik yang berdomisili sesuai dengan orang yang Anda daftarkan tersebut.
  10. Jika sudah, pilih ‘unit kerja’ dan lengkapi data yang memang harus dilengkapi. Setelah itu simpan.
  11. Ketika data sudah tersimpan, klik ‘approval’.
  12. Pada menu approval tersebut pilih ‘approval peserta baru’. Lalu pilih ‘jenis mutasi’. Jika sudah, Anda bisa melihat data di ‘lihat data’. Sesuaikan tanggal dengan waktu penyimpanan data. Jangan lupa untuk mencentang kotak, lalu klik ‘cek & approval’. Pendaftaran peserta baru BPJS pun sudah selesai.

Cara Mendaftar BPJS secara Online untuk Individu

Apabila Anda tidak dalam naungan sebuah instansi apa pun, tetapi ingin mendaftar sebagai peserta BPJS, Anda bisa mendaftar sebagai peserta mandiri. Untuk melakukannya, Anda akan melakukan beberapa tahap pendaftaran. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama, siapkan berkas-berkas yang nantinya akan digunakan untuk mengisi data diri Anda. Berkas tersebut antara lain adalah KTP atau SIM atau paspor, yang manapun asal masih berlaku. Kemudian Kartu Keluarga paling baru, membawa buku nikah apabila sudah menikah, foto kopi buku tabungan, dan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.
  2. Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut, silakan datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan yang ada di kota Anda. Akan lebih baik jika mendaftar ke kantor cabang dengan wilayah yang sesuai dengan alamat di KTP Anda. Jangan lupa, bawa semua berkas yang sudah disiapkan tersebut ketika pergi ke kantor BPJS.
  3. Di kantor BPJS tersebut, silakan melakukan pendaftaran untuk mendapatkan nomor BPJS Kesehatan.

    cara daftar BPJS online
    cara daftar BPJS online
  4. Setelah itu, Anda bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN pada ponsel Anda.
  5. Lakukan pendaftaran melalui aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi dan memilih ‘pendaftaran pengguna mobile’. Anda akan diberikan form pendaftaran yang harus diisi. Biasanya, ada beberapa hal yang harus diisi seperti nomor kartu BPJS yang sebelumnya sudah Anda peroleh, nomor KTP, dan lain sebagainya.
  6. Jangan lupa membuat password yang akan mudah Anda ingat tapi juga memiliki angka yang unik. Setelah mengonfirmasi password, klik register untuk melakukan pendaftaran.
  7. Jika pendaftaran selesai dilakukan, verifikasi akan dikirim ke alamat e-mail Anda. Verifikasi biasanya berupa link yang harus diklik yang mengarahkan Anda pada akun BPJS pada ponsel.
  8. Setelah mendapat e-mail verifikasi, Anda sudah resmi terdaftar sebagai peserta mandiri BPJS. Anda bisa mengambil kartu BPJS di kantor cabang BPJS kesehatan di kota Anda.

Manfaat Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Mendaftar BPJS bukan hal yang sulit, tetapi masih banyak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari mengikuti BPJS.

Manfaat BPJS antara lain adalah membuat Anda mendapatkan pengobatan gratis oleh rumah sakit umum. Pengobatan gratis tersebut meliputi banyak hal, termasuk dalam perawatan gigi, rawat inap, hingga rawat jalan. Meskipun jika menjadi peserta BPJS mandiri Anda harus membayar iuran tiap bulan, tetapi hal itu bisa menjadi semacam tabungan jika suatu hari Anda sakit dan sedang tidak memiliki dana sama sekali. Terlebih jika sakit yang diderita mengharuskan untuk operasi atau perawatan intens.

Selain itu, dibandingkan dengan jaminan kesehatan lain, BPJS terhitung memiliki premi yang lebih murah. Bahkan, BPJS mau menanggung untuk penyakit-penyakit yang biasanya dikecualikan oleh jaminan kesehatan lain seperti kanker atau penyakit jantung. Lebih lagi, BPJS akan menjamin kesehatan pesertanya seumur hidup. Artinya, Anda dapat menggunakan BPJS sampai kapan pun. Pembayarannya pun sangat mudah, bisa dengan transfer ATM atau menggunakan platform-platform pelayanan pembayaran maupun e-commerce.

Demikian adalah panduan singkat atau cara daftar BPJS online beserta manfaat yang dapat diberikan untuk semua pesertanya. Tentunya dengan berbagai macam manfaat yang diberikan akan memudahkan kita dalam berobat dan menghemat pengeluaran. Hal ini juga yang menjadikan BPJS sangatlah direkomendasikan untuk kamu gunakan karena sangat banyak sekali manfaat dikemudian hari nanti. Semoga membantu dan selalu jaga kesehatan kita dengan makan makanan yang sehat dan bergizi ya.